REVOLUSI AMERIKA : Latar Belakang, dan Dampaknya Bagi Dunia

Revolusi Amerika – taukah kamu apa yang di maksud dengan Revolusi Amerika?, dan apa tujuan dari Revolusi amerika? Dan kalian pasti bertanya tentang bagaimana akhir revolusi amerika? Sekaligus apa dampak dari revolusi amerika. Mari simaklah artikel di bawah ini dengan seksama.

Tokoh tokoh revolusi amerika ada banyak contohnya seperti George Washington (1732-1799), John Adams (1735-1826), Thomas Jefferson (1743-1828), Thomas Paine (1737- 1809), Benjamin Franklin (1706- 1790).

Revolusi menjadi hal yang sangat penting untuk amerika pada saat itu dan hanya revolusi yang dapat mengantarkan rakyat amerika kedalam kemerdekaan. Jadi Revolusi sangat penting sekali.

Revolusi Amerika

Revolusi Amerika
Revolusi Amerika

Revolusi amerika adalah sebuah usaha melawan pemerintahan kolonial inggris dari rakyat  koloni amerika, pada tahun 1765 – 1783 berlangsunglah Revolusi Amerika. Dan menjadi sejarah kemerdekaan Amerika.

Revolusi amerika ini  muncul dengan di tandai oleh adanya gerakan rakyat koloni inggris di wilayah amerika utara sebagai penentang kerajaan inggris karena kerajaan inggris terlalu mencampuri urusan negara koloni.

revolusi amerika meliputi serentetan perang bangsa amerika melawan bangsa inggris. pemicu awal perang antara inggris dan ke-13 koloni amerika adalah karena pembebanan pajak kepada rakyat koloni untuk mengganti rugi biaya perang Tujuh tahun yaitu pada tahun 1756 sampai 1763 melawan Perancis.

dibebankannya pajak kepada rakyat koloni untuk mengganti biaya “Perang Tujuh Tahun” (1756-1763) dengan Prancis.

latar belakang terjadinya revolusi amerika dapat di bedakan menjadi dua yaitu sebab umum dan sebab khusus, dan penjelasannya ada di bawah ini :

Sebab Umum Terjadinya Revolusi Amerika

Sebab Umum Terjadinya Revolusi Amerika
Sebab Umum Terjadinya Revolusi Amerika

Sebab umum terjadinya revolusi amerika ada banyak sekali faktor contohnya seperti :

  1. Sikap Represif yang di terapkan oleh pemerintahan koloni inggris yang berada di amerika menyebabkan rakyat amerika mengiginkan Revolusi.
  2. Karena adanya pengaruh liberalisme yang di bawa John Locke dan isi dari paham ini yaitu (Paham Individualis, Paham popular choice, Paham private property, Paham limited government, Paham freedom, Paham equality)
  3. Ketidakpuasan rakyat amerika terhadap kebijaksanaan yang di terapkan kerajaan inggris di wilayah amerika menyebabkan rakyat amerika ingin adanya Revolusi
  4. Beratnya pajak yang di bebankan kepada rakyat amerika mengakibatkan rakyat sengsara sehingga rakyat mau adanya Revolusi

 

Sebab Khusus Terjadinya Revolusi Amerika

Sebab Khusus Terjadinya Revolusi Amerika
Sebab Khusus Terjadinya Revolusi Amerika

peristiwa the boston tea party adalah Salah satu sebab khusus terjadinya revolusi amerika peristiwa Boston Tea Party ini terjadi pada tanggal 16 Desember 1773.

Di kutip dari jurnal sejarah Amerika : dari peradaban kuno hingga sampai kemerdekaannya tahun 2012 tulisan Sutiyah, bahwa peristiwa Boston Tea Party latar belakangnya adalah sikap kerajaan inggris yang memaksa undang – undang Teh di terapkan pada rakyat amerika.

Undang undang tersebut isinya yaitu

  • Undang – Undang gula tahun 1764 yang isinya adalah larangan mengimpor minuman keras dari luar negeri, mematok bea masuk yang rendah atas sirup dari berbagai sumber, anggur di kenai bea saat masuk, dan sutra sekaligus berbagai barang mewah lainnya.
  • Undang – Undang tentang Mata Uang pada tahun 1761 yang isinya adalah Pemerintah inggris mengadakan pencegahan terhadap surat -surat kredit yang di keluarkan rakyat koloni amerika supaya tidak di jadikan sebagai alat pembayaran yang sah.
  • Undang – undang pendapatan pada tahun 1767 : yang di buat oleh Charlesn Twnsland yang isinya adalah pemerintahan inggris mengenai bea masuk terhadap kertas gelas,teh dan timah yang di ekspor dari negara inggris kepada rakyat koloni di amerika, dan hasilnya kan digunakan sebagai upaya peningkatan pendapatan dan membayar gaji para gubernur koloni amerika, beserta petugas bea cukai dan hakim, tentara inggris yang berada di amerika.

Dan sebaliknya rakyat koloni dengan tokohnya samuel adams sangat menentang kebijakan ini dengan semboyanny ayaitu no taxation without representation yang arinya adalah tidak ada pajak tanpa adanya sebuah perwakilan.

  • Undang undang tempat tinggal pada tahun 1765 : mengharuskan rakyat di wilayah koloni Untuk menyediakan perumahan secara Cuma – Cuma sekaligus menyediakan segala urusan dan kepentingan pasukan kerajaan inggris yang bertugas di wilayah koloni, contohnya seperti di Boston.
  • Undang – Undang materai yang isinya yaitu mengenai peraturan yang menyatakan bahwa cukai materai akan di kenakan pada semua majalah, koran, lisenis, pamphlet, sewa atau dokumen resmi lainnyapungutan yang di lakukan agen bea cukai Amerika akan di gunakan untuk melindungi sekaligus membela dan mengamankan rakyat koloni amerika.

Undang-undang material dapat mempengaruhi banyak orang yang sedang menjalankan bisnisnya di dalam bidang apapun iti. Yang pro hukum ini memunculkan sikap permusuhan dari kelompok yang paling kuat dan menguasai olah bicara dai dalam populasi rakyat amerika.

 

Dan di bentuklah suatu asosiai Nonimpor yang di lakukan oleh jurnalis, pendeta, pengacara, pedagang, serta kaum pebisnis yang terletak di selatan ataupun di utara, barat, timur.

  • Samuel Adma ia menjadi pemimpin radikal yang paling efektif, yang berjuang untuk Revolusi Amerika (merdeka), tujuan samuel adam adalah untuk membebaskan rakyat dari rasa keheranan mereka terhadap orang – orang yang memiliki kekuatan yang hebat dalam dunia politik dan juga sosial.

Dan membuat mereka tersadar akan nilai pentingnya mereka untuk mengambil tindakan nyata yaitu satu komando Revolusi amerika.

 

Rakyat amerika  melakukan berbagai upaya Revolusi penolakan seperti menenggelamkan muatan kapal yang isinya adalah teh di pelabuhan Boston.

Pemimpin rakyat koloni di amerika mengadakan sebuah kongres pada tahun 1776, kongres ini di hadiri oleh berbagai perwakilan dari negara – negara bagian untuk di umumkannya sebuah Proklamasi kemerdekaan atau Declaration of Independent.

Selanjutnya Thomas Jefferson Membacakan teks Declaration of Independent yang isinya adalah tentang pernyataan kemerdekaan dan sebuah protes tegas kepada pemerintahan koloni inggris.

Pemerintahan koloni inggris menanggapi protes dari rakyat koloni amerika dengan tanggapan yang keras. Hal ini mengakibatkan sebuah peperangan kemerdekaan Amerika Serikat, dan peperangan ini berlangsung pada tahun 1776 sampai 1783.

Pada pertempuran Lexington rakyat koloni amerika berhasil menang dari pemerintah koloni inggris dan sekaligus menjadi kemengan yang pertama.

George Washington memimpin pasukan koloni Amerika dan berhasil mengalahkan pasukan kerajaan inggris dalam pertempuran Lexington.

Dalam usaha Revolusi Amerika Pasukan koloni amerika memperoleh bantuan dari negara perancis dan juga negara Belanda.

Pada tahun 1778 Perancis mengirim Senjata dan tentaranya kepada rakyat koloni amerika yang di bawah pimpinan Jendral Laffayette (Dikutip dalam buku Revolusi Amerika 1960) Karya dari karya Richard B Morris

Militer inggris menjadi tersudutkan karena serangan pasukan gabungan antara pasukan koloni amerika dan Perancis, sampai akhirnya pada tahun 1781 pasukan inggris menyerah. Dan amerika melakukan Revolusi.

Inggris dan amerika bersepakat untuk menandatangani perjanjian Versailes pada tahun 1783, isi perjanjian ini adalah di bawah ini

  1. Negara Inggris harus memberikan daerah jajahannya di amerika kepada negara amerika serikat, kecuali Kanada
  2. Negara inggris harus mengakui Kemerdekaan 13 Koloni di amerika
  3. Negara inggris harus membayar semua kerugian dan hasil rampasan perang

Dampak Revolusi Amerika bagi Indonesia

Dampak Revolusi Amerika bagi Indonesia
Dampak Revolusi Amerika bagi Indonesia

Dampak revolusi amerika terhadap indonesia ada banyak sekali contohnya sebagai berikut :

  1. Di Hapusnya Hak Monopoli Perdagangan VOC di negara Indonesia
  2. Munculnya paham Demokrasi dan paham Liberalisme
  3. (EIC) Kapal dagang negara inggris di perbolehkan untuk melakukan aktivitas jual beli dagang di negara indonesia

tujuan revolusi amerika yaitu untuk memerdekakan ke-13 koloni Inggris di Amerika dari kekuasaan Raja Inggris dan membentuk suatu negara baru di benua Amerika yang di beri nama Amerika Serikat.

Itulah penjelasan perang revolusi amerika dan akibat dari revolusi amerika sekaligus menjadi makalah revolusi amerika, di lengkapi dengan latar belakang Revolusi amerika dan ini adalah materi Revolusi amerika kelas 11. Semoga anda paham dengan penjelasn di atas.

REVOLUSI AMERIKA : Latar Belakang, dan Dampaknya Bagi Dunia

 

Leave a Comment