Cara Install Ulang Windows 10 Paling Mudah Dan Lengkap 2021

Cara Install Ulang Windows 10 – Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft. Bagi yang ingin menginstall Windows 10, disarankan memakai versi terbaru agar tidak update lagi. Cara install ulang Windows itu mudah karena melalui panduan yang akan kami bahas kali ini.

Tidak sedikit orang yang bilang jika install ulang Windows 10 itu sulit. Padahal sekali coba Anda mungkin langsung bisa. Terlebih jika mengandalkan artikel ini. Bagi yang ingin install ulang Windows 10, Anda tinggal simak ulasan berikut.

Cara Install Ulang Windows 10 Paling Mudah Dan Lengkap 2021

Install ulang Windows 10 membutuhkan beberapa tahap terlebih dahulu. Agar mudah memahaminya, simak saja tutorialnya berikut:

  1. Persiapan sebelum proses instalasi

Sebelum melakukan proses install ulang Windows 10 ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tujuannya agar proses instalasi bisa lancar dan Windows siap untuk digunakan. Adapun persiapannya sebagai berikut:

  1. Cara Install Ulang Windows 10 “Backup data terlebih dahulu”

Cara Install Ulang Windows 10 "Backup data terlebih dahulu"

Perlu diketahui jika proses install ulang Windows 10 akan menghapus semua data pribadi yang telah tersimpan, tepatnya di Data C. Artinya, Anda perlu backup terlebih dahulu supaya data tidak hilang.

Anda dapat memakai Data D atau media penyimpanan eksternal seperti hardisk atau flashdisk. Yang terpenting di sini, usahakan semua data yang tersimpan di Data C sudah di-backup semua agar tidak ikut terhapus.

  1. Tahu spesifikasi minimum

Tahu spesifikasi minimum

Hal yang tak kalah penting di sini adalah tahu soal system requirements agar proses install ulang windows 10 bisa berjalan lancar. Paling tidak, pastikan laptop harus memiliki prosesor 1 GHz atau lebih cepat.

RAM yang dibutuhkan untuk proses instalasi adalah 1GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit. Pastikan laptop menggunakan hardisk 16GB untuk 32 bit dan 20 GB untuk 64 bit. Selain itu, graphic card-nya harus DirectX 9/

  1. Cek tipe prosesor

Cek tipe prosesor

Selanjutnya, Anda harus tahu tipe prosesor laptop yang digunakan. Apakah memakai 32 bit atau 64 bit. Hal tersebut bertujuan agar bisa disesuaikan dengan OS Windows 10 yang akan dipakai. Caranya tidak sulit, Anda silahkan masuk ke Windows Explorer dan klik kanan di bagian This PC

Selanjutnya pilih Properties dan terakhir lihat di bagian System Type. Dari sini, Anda bisa melihat tipe prosesor yang digunakan di perangkat. Bagi yang sistem tipenya adalah 32-bit, disarankan menggunakan Windows 10 32 bit. Begitu pula untuk sistem tipe 64 bit.

  1. Siapkan Bootable DVD atau Flashdisk

Siapkan Bootable DVD atau Flashdisk

Setelah tahu tipe prosesor yang digunakan, berikutnya membuat bootable untuk keperluan instalasi. Perlu diingatkan lagi, pastikan sesuai dengan jenis/seri prosesor yang digunakan pada laptop. Tujuannya agar proses instalasi bisa maksimal dan tidak ada gangguan sama sekali.

Medianya bisa dipilih sendiri, ingin menggunakan USB Flashdisk atau DVD. Kedua media ini sama-sama unggul dan direkomendasikan. Bagi yang ingin menggunakan flashdisk, Anda harus tahu cara membuat bootable flashdisk windows 10. Bagi yang memakai DVD, lakukan burning file terlebih dahulu.

Pastikan kondisi DVD ROOM atau DVD juga dalam kondisi yang baik agar tidak mudah corrupt. Bagi yang tidak yakin, disarankan menggunakan flashdisk karena lebih aman dan tidak ada risiko. Dengan menggunakan flashdisk, masalah seperti corrupt tidak akan terjadi.

  1. Booting Media Bootable

Booting Media Bootable

Untuk melanjutkan cara install ulang windows 10, Anda harus melakukan booting media bootable terlebih dahulu. Caranya sama saja antara DVD dan flashdisk. Perbedaannya hanya di bagian pemilihan boot priority pada BIOS saja. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah awal, Anda harus masuk ke BIOS perangkat laptop terlebih dahulu. Tinggal hidupkan laptop dan tekan bersamaan tombol F2, Esc, Del dan sebagainya. Setiap laptop punya cara yang berbeda.
  • Setelah masuk ke menu BIOS, Anda cukup menggeser tab Boot dan selanjutnya atur media, bisa DVD atau flashdisk.
  • Setelahnya, pindah ke bagian tab Exit dan lanjutkan dengan memilih Exit Saving Changes. Setelah muncul jendela, Anda cukup pilih Yes saja
  • Laptop akan restart secara otomatis. Setelah itu tekan saja Enter untuk melanjutkan langkah install ulang Windows 10.
  1. Cara Install Ulang

Cara Install Ulang

Bagi yang berhasil booting ke bootable, Anda dihadapkan dengan tampilan Windows Setup. Selanjutnya Anda sudah bisa install ulang Windows 10 sesuai dengan perintah. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Di halaman Windows Setup, ubah bagian Time and currency format menjadi Indonesia (Indonesian). Jika sudah, Anda bisa klik Next untuk melanjutkan langkah tersebut
  • Masih berada di jendela yang sama, langsung klik bagian Install Now untuk melanjutkan proses instalasi
  • Bagi yang sudah mendapat product key, masukkan saja di bagian kolom yang telah disediakan dan klik Next untuk melanjutkan langkah instalasi. Bagi yang belum memilikinya, Anda bisa mengikuti cara install ulang Windows tanpa product key dengan memilih I don’t have a product key
  • Di halaman Applicable Notices and license terms, centang bagian I accept the licence terms dan klik Next untuk langkah berikutnya.

• Di halaman Applicable Notices and license terms, centang bagian I accept the licence terms dan klik Next untuk langkah berikutnya.

  • Pada halaman selanjutnya, Anda diberi opsi instalasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yakni upgrade atau custom. Selanjutnya tinggal pilih Custom : Install Windows only (advanced).
  • Bagi yang instal ulang, disarankan hardisk sudah mempunyai partisi. Anda tinggal fokus di bagian dua partisi pertama saja. Selanjutnya hapus kedua partisi tadi dengan memilih partisi dan pilih Delete.
  • Setelah partisi terhapus, nantinya muncul Unallocated space. Klik saja partisi tersebut dan klik New. Di bagian kolom size biarkan default saja karena akan diisi dengan jenis partisi yang tidak digunakan. Selanjutnya klik Apply
  • Nantinya Anda akan menemui halaman baru, klik saja OK. Langkah ini bertujuan agar partisi file sistem bisa bekerja secara otomatis.
  • Selanjutnya partisi akan bertambah menjadi 2. Selanjutnya klik dipartisi nomor 2 dari atas dan kemudian klik Next untuk install Windows
  • Selesai, Anda tinggal menunggu proses instalasi ini hingga selesai. Biasanya prosesnya membutuhkan waktu 3 menit. Pastikan baterai dalam kondisi full sebelum meng-install ulang Windows.

Selesai, Anda tinggal menunggu proses instalasi ini hingga selesai. Biasanya prosesnya membutuhkan waktu 3 menit. Pastikan baterai dalam kondisi full sebelum meng-install ulang Windows.

Setelah instalasi selesai, laptop kembali restart secara otomatis. Itu menandakan jika instalasi Windows 10 telah selesai. Berikutnya adalah konfigurasi Windows. Proses ini sebenarnya tidak terlalu diharuskan. Tapi agar Windows 10 bisa berjalan optimal, Anda harus melakukan konfigurasi Windows 10.

  1. Konfigurasi Windows 10

Jika sudah menyelesaikan proses cara install ulang Windows 10 di atas, nantinya Windows 10 akan langsung reboot. Anda hanya perlu menunggu konfigurasi otomatis dari pihak Windows. Setelah itu, lakukan konfigurasi secara manual. Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Di tahap awal, Anda bisa memilih Indonesia. Pasalnya kita berada di wilayah Indonesia.
  • Berikutnya, Anda harus mengatur posisi tata letak keyboard yang akan digunakan. Karena laptop di Indonesia menggunakan sistem QWERTY, maka pilih US agar memudahkan Anda nantinya.
  • Biasanya pengguna tidak membutuhkan layout sehingga bisa langsung di Skip saja untuk bagian tersebut
  • Bagi yang ingin menggunakan Windows 10 untuk keperluan pribadi, langsung pilih saja bagian Set Up for personal use, bagi yang ingin menggunakan Windows untuk keperluan organisasi, disarankan memilih Set Up for an organization.
  • Selanjutnya, Anda cukup memasukkan email Microsoft yang sudah dibuat. Bagi yang tidak memiliki akun email, Anda bisa memakai data offline. Caranya hanya klik bagian Offline account
  • Berikutnya masukkan ID atau nama yang ingin digunakan di login Windows. Berikutnya masuk sesuai akun/ Anda harus membuat password dan 3 pertanyaan pemulihan beserta jawabannya. Tujuannya saat Anda mengalami lupa password, maka pertanyaan tersebut bisa membantu Anda.

• Berikutnya masukkan ID atau nama yang ingin digunakan di login Windows. Berikutnya masuk sesuai akun/ Anda harus membuat password dan 3 pertanyaan pemulihan beserta jawabannya. Tujuannya saat Anda mengalami lupa password, maka pertanyaan tersebut bisa membantu Anda.

  • Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan jendela baru lagi. Klik saja No untuk melanjutkan langkah yang tadi.
  • Di tahap selanjutnya, Anda bebas ingin mengaktifkan fitur mana saja. Pastikan memakai fitur yang diperlukan saja. Setelah itu klik Accept untuk melanjutkan langkahnya.

Di tahap selanjutnya, Anda bebas ingin mengaktifkan fitur mana saja. Pastikan memakai fitur yang diperlukan saja. Setelah itu klik Accept untuk melanjutkan langkahnya.

  • Berikutnya, Anda cukup menunggu konfigurasi yang akan dikirimkan Windows. Setelah mendapat konfigurasi, Anda bisa menggunakan Windows 10 sesuai kebutuhan.
  1. Hal penting setelah menyelesaikan Instalasi

Meskipun sudah menyelesaikan proses instalasi dengan cara install ulang Windows 10, Anda harus menyelesaikan tugas kecil supaya laptop bisa digunakan dengan baik. Berikut hal-hal penting yang dimaksud;

  1. Kembalikan pengaturan BIOS

Kembalikan pengaturan BIOS

Saat Anda memprioritaskan flashdisk atau DVD untuk media booting utama, setiap perangkat yang dinyalakan akan muncul Press any key to boot from CD or DVD. Karena inilah, Anda harus mengembalikan pengaturan BIOS menjadi seperti semula.

Caranya dengan menjadikan hardisk sebagai media untuk booting utama. Hal tersebut karena hardisk lebih stabil sehingga cocok untuk booting.

  1. Lakukan Aktivasi Windows

Lakukan Aktivasi Windows

Fitur yang dihadirkan Windows 10 sebenarnya tidak bisa dinikmati oleh semua penggunanya, kecuali jika pengguna tadi tahu bagaimana cara mengaktifkannya. Nah untuk mengaktifkannya, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Baik memakai lisensi resmi Microsoft atau mengandalkan cara lainnya.

Sebenarnya, tanpa harus melakukan aktivasi pun Anda juga bisa memakai Windows 10 untuk keperluan harian. Hanya saja fitur yang dihadirkan juga tidak selengkap seperti Windows 10 activated. Artinya, ada baiknya melakukan aktivasi terlebih dahulu.

  1. Install Driver Laptop

Install Driver Laptop

Driver menjadi komponen penting yang perlu ada di komputer dan laptop. Tidak heran karena semua perangkat yang ada di komputer pasti membutuhkan Driver. Tujuannya tidak lain agar komponen tersebut dapat berjalan dengan baik.

Untuk itulah, Anda perlu melakukan install driver terlebih dahulu. Anda dapat memakai CD/DVD Driver bawaan dari laptop. Atau juga bisa mengandalkan software gratis Driver Pack ataupun lainnya

    1. Install Software

Install Software

Setelah Windows 10 telah diaktivasi sesuai panduan yang ada serta driver telah terinstall dengan baik, tugas berikutnya adalah dengan meng-install berbagai software pendukung yang ingin digunakan selama menggunakan Windows 10.

Tentu saja setiap pengguna memiliki kebutuhan software yang berbeda-beda. Jadi bisa dipastikan tidak semua pengguna membutuhkan software yang sama. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing saja.

Setelah semuanya selesai, Windows 10 di laptop atau PC sudah siap untuk digunakan. Anda bisa melakukan pekerjaan dengan Windows terbaru ini kapanpun/ Mungkin itu saja cara install ulang Windows 10 yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Cara Install Ulang Windows 10 Paling Mudah Dan Lengkap 2021

Tinggalkan komentar