5+ Cara Merekam Layar Di PC Paling Mudah Anti Ribet 2021

Cara Merekam Layar Di PC – Fitur yang disematkan di PC terus berkembang. Salah satu fitur yang disematkan di komputer adalah memungkinkan merekam layarnya sendiri. Ada beberapa sistem operasi yang menyematkan fitur untuk merekam layar. Jadi cara merekam layar di PC semakin mudah dan anti ribet.

Bagi yang masih awam tentu hal seperti ini masih kurang dipahami. Bahkan penggunanya kurang tahu jika layar di PC juga bisa direkam segala aktivitasnya. Seperti apa caranya? Bagi yang penasaran, simak caranya berikut.

Cara Merekam Layar Di PC Paling Mudah Anti Ribet 2021

Cara untuk merekam layar di PC itu sangat beragam dan tidak ribet. Terlebih di beberapa sistem operasi sudah ada fitur bawaan yang memungkinkan pengguna dapat merekam layar PC tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing karena caranya berbeda-beda. Agar tidak bingung saat membutuhkan fitur ini, Anda bisa simak cara merekam layar di PC/komputer berikut ini:

  1. Memakai Game bar Windows 10

Cara pertama adalah dengan menggunakan game bar di Windows 10. Sesuai namanya, cara ini digunakan untuk pengguna sistem operasi Windows 10. Cara ini hanya bisa diterapkan di PC yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 sehingga tidak dapat digunakan di Windows 7 atau lainnya.

Cara merekam layarnya dengan memanfaatkan fitur Game bar yang menjadi bawaan dari sistem operasi. Fitur ini termasuk salah satu fitur baru yang ada di Windows 10. Biasanya sering digunakan para gamers untuk merekam aktivitas layar dengan mudah.

Saat komputer mengaktifkan fitur baru ini, komputer bisa bekerja secara optimal. Fitur ini bukan untuk mengoptimasi komputer agar tambah optimal saja. Namun juga bisa untuk merekam layar di PC. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur Game bar di Windows 10 terlebih dahulu. Caranya cukup masuk ke menu Settings. Pilih menu Gaming dan kemudian nyalakan fitur Game bar di opsi berikutnya

• Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur Game bar di Windows 10 terlebih dahulu. Caranya cukup masuk ke menu Settings. Pilih menu Gaming dan kemudian nyalakan fitur Game bar di opsi berikutnya

  • Jika fitur Game bar telah diaktifkan, tinggal menekan tombol WinKey + G Winkey adalah tombol yang lambangnya Windows di sebelah CTRL. Perlu diketahui jika perintah shortcut Winkey + G hanya bisa berfungsi jika Anda membuka aplikasi tertentu terlebih dahulu
  • Selanjutnya tinggal menekan tombol record yang bentuknya bulat merah saja

Selanjutnya tinggal menekan tombol record yang bentuknya bulat merah saja

  • Nanti layar di PC secara otomatis akan merekam setiap aktivitas yang dilakukan penggunanya. Setelah selesai, tinggal menekan tombol Stop Recording untuk menyelesaikan rekaman layar di PC.

File rekaman tadi akan tersimpan di Folder Capture di menu Videos. Folder Videos tadi ada di bagian folder This PC. Seperti biasa, format hasil rekaman adalah MP4.

  1. Memakai Quicktime Player Untuk Pengguna Mac

Memakai Quicktime Player Untuk Pengguna Mac

Cara merekam layar di PC berikutnya dengan memakai aplikasi bernama Quicktime Player. Aplikasi hanya tersedia di perangkat Mac saja. Meskipun begitu Anda juga bisa mengunduh dan install aplikasi ini di Windows. Namun aplikasi tidak bisa berjalan di perangkat selain Mac.

Bagi yang menggunakan produk Apple ini, cara merekam layar di perangkat PC bisa dilakukan dengan mudah dan tidak ribet. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pengguna bisa membuka aplikasi Quicktime Player terlebih dahulu
  • Selanjutnya pilih File
  • Pilih menu Rekaman Layar Baru
  • Nyalakan audio supaya perekaman dan suara dapat dihasilkan dengan optimal di PC

Menariknya di aplikasi ini Anda bisa merekam satu sudut tertentu dengan mudah. Cara merekam layar di perangkat PC melalui aplikasi di Mac ini terbilang sangat mudah. Sayangnya format video yang dihasilkan adalah M4V dengan ukuran yang cukup besar.

  1. VLC

VLC

Selain memanfaatkan aplikasi bawaan dari sistem operasi, Anda juga bisa merekam layar di PC dengan aplikasi pihak ketiga yang sudah beredar di Play Store atau App Store. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan. Salah satu aplikasinya adalah VLC.

Aplikasi ini cukup tenar dengan kemudahan dan fitur yang dihadirkan. Untuk menggunakan aplikasi, Anda tinggal simak tutorial cara merekam layar di PC berikut:

  • Pastikan sudah menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa mendownload di internet melalui sumber terpercaya. Setelah itu, buka aplikasi VLC Player seperti biasa
  • Pilih Menu Media untuk proses perekaman layar di PC
  • Selanjutnya ada beberapa pilihan di halaman berikutnya. Karena ingin merekam layar di PC Anda bisa memilih Open Capture Device
  • Pilih dan cari menu capture mode dan kemudian pilih desktop
  • Selanjutnya klik tanda panah ke arah bawah yang bersebelahan dengan tombol Play
  • Pilih Convert
  • Setting destinasi file rekaman yang diinginkan
  • Klik start untuk memulai proses perekaman
  • Jika proses perekaman dinilai selesai, Anda tinggal klik Stop Recording saja

Aplikasi populer untuk merekam layar di PC ini tergolong mudah. Hal tersebut karena interface dan tutorial penggunaan aplikasi yang begitu sederhana.

  1. OBS Studio

OBS Studio

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk merekam layar di PC adalah OBS Studio. Cara merekam layar di PC menggunakan OBS Studio cukup singkat dan tidak ribet. Aplikasi bisa digunakan di semua sistem operasi sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan sistem operasi PC.

OBS adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam layar secara gratis, memiliki tampilan mudah dipahami pemula dan mudah digunakan. Bagi yang ingin menggunakannya, Anda hanya perlu mengikuti tutorial berikut;

  • Sebelum memulai proses perekaman layar di PC, Anda harus mendownload aplikasi OBS Studio dan menginstall aplikasi terlebih dahulu
  • Setelah terinstal di PC, Anda bisa membuka aplikasi dengan klik aplikasi yang telah terinstall di perangkat
  • Saat masuk ke pilihan tab Auto Configuration, pilih opsi “Optimize just for Recording, I Will not be steaming”. Tujuan perintah ini agar nanti kualitas video yang dihasilkan lebih maksimal
  • Selanjutnya tinggal tekan Next untuk melanjutkan
  • Berikutnya ada beberapa pilihan resolusi dan FPS yang disediakan. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan perekaman
  • Klik Next untuk melanjutkan cara merekam layar yang akan dilakukan
  • Berikutnya tinggal pilih Apply dan tekan tanda + pada aplikasi
  • Pilih Display Capture dan berikan nama sesuai keinginan. Klik OK untuk melanjutkan langkah
  • Setelah memilih OK, aktivitas yang dilakukan di PC, tepatnya di layar PC akan terekam secara otomatis lewat aplikasi populer ini. Supaya rekaman tidak patah-patah, Anda bisa menggunakan pilihan disable preview
  • Untuk merekam layar, Anda bisa menekan Start Recording yang berada di bawah kolom control kanan bawah
  • Bagi yang proses rekamannya selesai, Anda tinggal klik stop recording

Bagi yang ingin melihat hasil rekaman video yang dihasilkan Anda tinggal buka Videos di This PC. Aplikasi ini cukup banyak digunakan karena menghadirkan pengalaman merekam layar di PC yang lebih menyenangkan dan menghibur.

  1. Screenpresso

Screenpresso

Cara merekam layar di PC berikutnya adalah menggunakan aplikasi Screenpresso. Aplikasi ini cukup populer karena memang banyak digunakan oleh penggunanya. Aplikasi ini cukup bisa diandalkan karena dapat merekam audio dan webcam secara bersamaan di layar. Jadi tidak heran banyak digunakan Youtuber.

Belum lagi hasil rekaman juga tidak terlalu berat sehingga aman untuk penyimpanan PC. Dari segi fitur yang dimiliki, Screenpresso juga punya fitur andalan yang bernama Quick Access. Dengan fitur ini pengguna dapat melihat rekaman yang sudah dilakukan sebelumnya.Bagi yang merasa ingin membagikan rekaman ke media sosial, Anda juga bisa melakukannya dengan mudah. Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

  • Pertama, pengguna harus mengunduh aplikasi dan menginstallnya terlebih dahulu
  • Setelah aplikasi terinstall, Anda bisa membuka aplikasi seperti biasa
  • Selanjutnya pilih menu Capture di bagian bawah
  • Jangan lupa memilih Record Video. Jadi aktivitas yang dilakukan di layar PC akan langsung terekam secara otomatis

Meskipun fitur yang dihadirkan sangat premium, tapi Screenpresso juga memiliki kekurangan yang cukup fatal. Kekurangan yang dimaksud adalah durasi perekaman yang cukup terbatas. Dimana pengguna hanya dapat merekam dengan durasi 3 menit saja.

Selain itu, pengguna juga tidak bisa menghilangkan watermark yang ada. Namun beberapa kekurangan ini bisa diantisipasi dengan berlangganan. Tenang karena biaya berlangganan sepadan dengan fitur yang diberikan aplikasi setelah berlangganan.

Dengan tahu cara merekam layar di PC, Anda bisa melakukan banyak aktivitas. Anda dapat membuat semacam video tutorial yang bermanfaat dan menguploadnya ke Youtube. Dengan aktivitas seperti ini, tentunya Anda lebih produktif.

5+ Cara Merekam Layar Di PC Paling Mudah Anti Ribet 2021

Leave a Comment