Latar Belakang Jong Java Terbaru dan Terlengkap

Latar belakang Jong Java – sejak berdirinya organisai budi utomo gerakan pemuda telah terbentuk dan berdiri. Karena para pendiri organisasi budi utomo adalah para pemuda yang masih sekolah di sekolahan STOVIA

Latar Belakang Jong Java

Latar Belakang Jong Java

Akan tetapi setelah kongres Budi Utomo yang pertama Budi utomo di ambil alih oleh kaum bangsawan Priyayi dan para pegawai negri. Sehingga mengakibatkan kekecewaan yang mendalam bagi para pemuda. Karena para pemuda kecewa sehingga para pemuda memtuskan keluar dari organisasi Budi Utomo.

Pada saat tahun tanggal 7 Maret 1915, Para pemuda yang keluar dari organisasi Budi Utomo mendirikan Organisasi baru yang di beri nama Trikoro Darmo di Jakarta. Dan yang memimpin organisasi ini yaitu seperti : R Sukirman Wiryosanjoyo (Sebagai ketua), Sunardi Wongsonegoro (Sebagai Wakil Ketua), dan Sutomo (Sebagai Sekertaris)

Dan anggotanya antara lain yaitu Abdul Rachman, Musodo, Muslich. Yang dapat di terima sebagai keanggotaan hanya pemuda yang sekelas sekolah menengah dan bertempat tinggal Jawa dan Madura. Arti nama Sebuah Organisasi Trikoro Darmo adalah “Tiga Tujuan yang Mulia” yaitu Budi, Sakti dan Bakti. Tujuan dari organisasi trikoro darmo yaitu :

  1. Mempererat hubungan yang sudah terjalin atara siswa-siswa bumi putera pada sekolah menegah atas sekaligus pada sekolah perguruan kejuruan
  2. menambah pengetahuan umum bagi para anggota Trikoro Darmo
  3. memperkokoh rasa persatuan dan persatuan bangsa di antara pemuda-pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali dan Lombok
  4. membangkitkan dan mempertajam perasaan buat segala bahasa dan kebudayaan Hindia

Latar belakang jong java sendiri sebenarnya yaitu untuk memperkuat ikatan antar pemuda .

Ketika tahun 1918 Trikoro Darmo Melaksanakan Kongres Peramanya di daerah Solo, dan nama trikoro Darmo di ubah menjadi Jong Java Seperti itulah Latar Belakang Jong Java. Organisasi trikoro darmo di ubah namanya dengan maksut dan tujuan agar para pemuda yang notabennya berasal dari luar pulau jawa.

Akan ada rasa tolerasi karena tata sosialnya yang berbeda dengan Pulau jawa. Sehingga para pemuda luar jawa ini mau masuk dan bergabung dengan jong java ini. Kegiatan jong java masih berkisar pada masalah sosial dan kebudayaan masyarakat. Contohnya seperti program pemberantasan buta huruf pada masyarakat, kesenian, kepanduan.

Jong java tidak ikut andil terhadap dunia politik dan tidak mencampuri urusan agama yang ada di Indonesia. Bahkan para anggotanya di larang keras untuk menjalankan tugas politik dan tidak boleh menjadi anggota partai politik.

Tetapi sejak tahun 1942 karena adanya pengaruh dari gerakan radikal maka ketua jong java yaitu Syamsuridjal mengusulkan pada organisasi bahwa  anggota yang sudah berusia 18 tahun dapat dan di perbolehkan mengikuti dan bergabung pada kegiatan politik tujuannya yaitu untuk memajukan program agama islam di jong java.

Akan tetapi usul ini di tolak. Dan akibatnya yaitu para anggota yang menghendaki atau ingin terjun di dunia politik dan yang ingin memajukan agama islam mendirikan organisasi baru yaitu jong sumantaranen Bond dan Pemimpinnya yaitu Haji Agus Salim

Demikianlah latar belakang jong java semoga memperluas wawasan anda sekalian. Terimaksih

Latar Belakang Jong Java Terbaru dan Terlengkap

Tinggalkan komentar