Sejarah Benteng Vastenburg yang Wajib Diketahui Generasi Muda

Sejarah Benteng Vastenburg – Secara umum benteng vastenburg bentuknya tidak jauh beda dengan benteng-benteng yang di bangun Belanda yang berada di berbagai belahan daerah contohnya seperti Benteng ontmoeting yang berada di ungaran, Benteng Vredeburg yang berada di Yogyakarta, dan juga Benteng  Herstelling yang Kondisinya sudah Hancur. Sejarah Benteng Vastenburg.

Perbedaan benteng vastenburg dengan benteng yang lainnya biasanya  terletak pada bagian Luas bagungan, Ukuran, ukuran dindingnya. Bangunan yang ada pada benteng vastenburg sendiri Memiliki sebuah dinding atau Pagar dengan sebuah denah dasar bujur sangkar.

Untuk saat ini bagian Benteng vastenburg yang di tengah tidak ada bangunan apapun dan artinya hanya sebuah lahan yang kosong.

Dulu tujuan utama didirikannya Benteng Vastenburg yaitu untuk mengawasi pergerakan masyarakat di Surakarta dan besert Keraton Surakarta Yang saat ini menjadi icon wisata di kota solo.

Benteng vastenburg fungsinya tidak hanya untuk tempat pasukan militer milik belanda tetapi Benteng Vastenburg juga sebagai Kantor Residen Surakarta.

Kantor Residen di tempatkan di benteng Vastenburg peninggalan Belanda ini  tidak hanya sekedar penempatan saja tetapi mempunyai tujuan, tujuannya yaitu untuk memudahkan pergerakan jika suatu saat di butuhkan secara mendadak di daerah karesidenan Surakarta.

Pada saat tahun 1896 kantor Residen Surakarta tidak lagi Berada di lingkungan Benteng vastenburg. Tetapi pindah kesebuah Bangunan Baru Ynag berada di luar area benteng vastenburg

Sejarah Benteng Vastenburg

Sejarah Benteng Vastenburg

Setelah bangsa Indonesia Menyatakan kemerdekaannya. Benteng vastenburg di jadikan sebagai markas Tentara Nasional Indonesia. Dan Pada tahun 1970 sampai tahun 1980-an Benteng ini di jadikan sebagai markas pusat Brigade Infanteri 6. Markas ini adalah markas-markas Trisakti Baladaya Kostrad Untuk wilayah Karesidenan Surakarta dan disekitarnya

Benteng vastenburg yang kokoh dan luas ini telah mengalami penjajahan dan kemerdekaan. Dalam masa masa tersebut mengakibatkan adanya perubahan atau penambahan atau bahkan perbaikan Kontruksi ruang. Perubahan hanya terjadi sedikit di bagian-baian tertentu selebihnya masih bangunan masa awalnya seperti pondasi awalnya.

Isu mengenai benteng vastenburg beberapa tahun lalu sempat heboh di kota Surakarta dan para penggiat kebudayaan yang ada di sana. Hal ini di sebabkan  rencana alih fungsi benteng vastenburg akan menjadi hotel atau pusat perbelanjaan (Mall) isu rencana ini mengalami Pro dan kontra di berbagai kalangan masyarakat dan penggiat kebudayaan setempat.

Walaupun sebelumnya Benteng vastenburg ini sempat di biarkan terbengkalai dan tidak terawatt. Namun saat ini benteng vastenburg sudah di lirik dan mendapat perhatian oleh pemerintah kota solo.

Renovasi yang dilakukan oleh pemkot tidak menghilangkan struktur asli bangunan benteng tersebut. Pada bulan November 2012 lalu bangunan benteng vastenburg ini di tetapkan sebgai cagar budaya nasional Indonesia. Dengan begini maka benteng vastenburg ini (bangunan cagar budaya) resmi dilindungi oleh UU Republik Indonesia tentang Cagar Budaya

Benteng vastenburg kerap sekali di jadikan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai event atau acara di kota solo. Contohnya seperti festival musik dan berbagai festival lainnya yang sudah sering di adakan di Benteng Vastenburg.

Benteng Vastenburg banyak di pilih sebagai objek wisata di kota solo. Karena letaknya yang strategis dan tidak jauh dari berbagai wisata di kota solo lainnya. Contohnya yang dekat dengan benteng vastenburg adalah Balai kota solo, pasar Klewer, Keraton Solo, dan kampung Batik Kauman. Begitulah sejarah benteng vastenburg

Pembangunan Benteng Vastenburg

Pembangunan Benteng Vastenburg

Benteng vastenburg  di bangun di wilayah atas kota solo. Di sebelah utara alun-alun keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Benteng vastenburg peninggalan Belanda ini bangunannya Berdiri kokoh di atas lahan yang luasnya 40.000 m2. Sejarah benteng vastenburg ini di dirikan oleh seorang gubernur jendral Belanda yang Bernama Baron Van Imhoff pada tahun 1745

Benteng vastenburg pembangunannya di lakukan dengan dua tahap. Tahap pertama di laksanakan pada tahun1745. Pada awal pembangunannya ini Benteng vastenburg di beri nama Benteng Grootmoedigheid yang mempunyai arti Kemurahan hati.

Tahap kedua dilaksanakan atas dasar perjanjian giyanti di tahun 1756 dan Pembangunan tahap kedua Benteng  Vastenburg selesai di laksanakan pada tahun 1775

Bangunan Benteng pertahanan ini di bangun dengan perpaduan dinding batu bata yang kokoh di lengkapi dengan lubgan tembak yang presisi dan dibagian luar bangunan ini di kelilingi oleh saluran irigasi air. Untuk akses masuk dan keluar dari benteng vastenburg di kendalikan dengan jembatan jungkit (drawbridge) di bagian sebelah barat dan sebelah timur.

Benteng vastenburg dinyatakan selesai dan di sahkan pada tahun 1779. Dan mulai bisa di gukan pada tahun 1780. Dan Bangunan Benteng besar Ini di beri nama Benteng VastenBurg  yang artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu Teguh.

Lokasi Benteng Vastenburg

Lokasi Benteng Vastenburg

Ketika kita berada di solo dan ingin berkunjung di Benteng vastenburg barikut ini adalah informasi lokasi benteng vastenburg. Benteng vastenburg ini berada di kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta City, Central Java (jateng) 57133

Benteng vastenburg bisa di tempuh dari luar daerah dengan  mudah menggunakan bus, kereta, pesawat, mobil pribadi, atau sepeda motor. Karena akses jalan yang memadai sehingga bisa di tempuh berbagai macam transportasi.

Jika anda sekalian lebih nyaman memakai pesawat maka bisa memasan tiket dengan tujuan bandara Adi Sumarmo setelah turun dari pesawat di lanjutkan menggunakan trasnsportasi berikutnya yang berada di terminal Adi Sumarmo yaitu dengan Bus Ataupun taksi online 24 jam atau dengan ojek online atau yang lainnya.

Jam operasional bus Damri yang berada di terminal Adi Sumarmo Beroperasi mulai jam 07.00-19.00 WIB. Seetlah anda menaiki bus Damri selanjutnya anda harus transit di erminal Tirtonadi. Dan beralih ke bus Batik Solo Trans koridor satu. Setelah naik batik solo trans anda harus turun di halte Gladag

Tetapi jika anda sekalian lebih menyukai bus dari asalnya maka bisa juga memilih lajur bus menuju terminal Tirtonadi. Dan bisa juga Anda sekalian memilih menggunakan kereta api, jika anda menggunakan kereta api maka anda harus turun di stasiun solo balapan. Setelah turun di stasion solo balapan.

anda bisa langsung naik menggukan transportasi umum batik solo trans Koridor dua dan turun di perempatan panggung. Di lanjutkan naik batik solo trans koridor 1 dengan rute palur- bandara Adi  Sumarmo dan turun di halte Gladag atau PGS.

Dari halte Gladag menuju Lokasi Benteng vastenburg jaraknya kurang lebih sekitar 50 meter

Sejarah Benteng Vastenburg “Tiket Masuk Benteng Vastenburg”

Sejarah Benteng Vastenburg "Tiket Masuk Benteng Vastenburg"

Benteng Vastenburg dapat di akses siapapun dan kapanpun dan tidak memerlukan biaya tiket masuk untuk melihat eksotisnya peninggalan sejarah bangsa Indonesia di kota solo pada zaman penjajahan Belanda

Sejarah benteng vastenburg terbentuk dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dan lokasi benteng vastenburg semoga bermanfaat untuk anda sekalian terimakasih sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Sejarah Benteng Vastenburg yang Wajib Diketahui Generasi Muda

Leave a Comment